SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA KEMUNING KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL

Artikel

Karang Taruna Tunas Harapan

10 Agustus 2023 09:56:04  Humas  310 Kali Dibaca 

A. Pengertian

Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah bagi pemuda-pemudi Indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial, budaya, olahraga dan ekonomi terutama untuk generasi muda di wilayah desa/kelurahan. 

B. Anggota

Setiap Karang Taruna biasanya terdiri dari anggota-anggota yang berusia antara 17 hingga 35 tahun, dan mereka dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan usia. Organisasi ini memiliki struktur yang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, dan berbagai divisi atau seksi sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan.

C. Tujuan

Tujuan utama dari Karang Taruna adalah mengembangkan potensi dan kreativitas pemuda Indonesia serta berperan aktif dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Tujuan ini lebih terperinci dalam beberapa aspek sebagai berikut :

  1. Pengembangan Kepemudaan : Karang Taruna bertujuan untuk mengembangkan kepemudaan melalui berbagai kegiatan yang meliputi pendidikan, pelatihan, pengembangan keterampilan, dan peningkatan kompetensi pemuda.
  2. Pemberdayaan Pemuda : Organisasi ini berkomitmen untuk memberdayakan pemuda dalam berbagai bidang seperti ekonomi, sosial, budaya, dan olahraga.
  3. Pengembangan Potensi : Karang Taruna berusaha mengidentifikasi dan mengembangkan potensi dan bakat-bakat yang dimiliki oleh pemuda, baik dalam seni, budaya, olahraga, teknologi, dan lainnya.
  4. Pembangunan Masyarakat : Salah satu tujuan utama Karang Taruna adalah berkontribusi dalam pembangunan masyarakat. Organisasi ini melaksanakan berbagai kegiatan yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat, peningkatan kesejahteraan, serta upaya memecahkan masalah-masalah sosial yang ada di lingkungan mereka.
  5. Pengembangan Kreativitas dan Inovasi : Karang Taruna mendorong pemuda untuk berinovasi dan kreatif dalam menghadapi berbagai tantangan. Dengan memberikan ruang bagi ide-ide baru dan solusi kreatif, organisasi ini berperan dalam menghasilkan inovasi yang dapat memberikan dampak positif pada masyarakat.
  6. Pembinaan Karakter dan Kepemimpinan : Melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, Karang Taruna juga bertujuan untuk membina karakter dan kepemimpinan pemuda.
  7. Membangun Jaringan dan Solidaritas : Karang Taruna juga berusaha membangun jaringan antara anggota dan solidaritas di antara pemuda-pemudi di Indonesia. 

Dengan tujuan-tujuan tersebut, Karang Taruna berperan sebagai wadah penting bagi pemuda Indonesia untuk berpartisipasi dalam pembangunan masyarakat dan mengembangkan diri mereka secara holistik (cara pandang yang luas).

D. Struktur Organisasi

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Desa

 Statistik

 Agenda

 Sinergi Program

 Pemerintah Desa

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Dukuh Kesemen No. 1
Desa : Kemuning
Kecamatan : Kramat
Kabupaten : Tegal
Kodepos : 52181
Telepon :
Email : kemuning1.maju@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:54
    Kemarin:106
    Total Pengunjung:26.796
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.191.111.130
    Browser:Mozilla 5.0